Cara menginstall Maktabah Syamilah di Windows 7 (Bhs Indonesia)

Karena permintaan al-akh Zakarija, saya terjemahkan panduan ini ke bahasa Indonesia.

Menginstall Maktabah Syamilah di Windows 7

Harap sabar karena besar file Maktabah Syamilah 10000 bisa lebih dari 3 gigabyte yang memerlukan waktu loading ke memori lebih lama (versi modifikasi bisa lebih lama lagi tergantung banyaknya jumlah kitab).

Lakukan langkah-langkah berikut:

1. Instal MUI Pack for Windows 7 yang mengandung Arabic Language Pack (silahkan googling dengan keyword MUI Pack for Windows 7 yang biasanya akan menampilkan situs Microsoft di urutan awal lalu silahkan download file tersebut. Afwan yah, saya belum sempat mengupload ulang di blog ini).

2. Buka Control Panel>Region And Language>Keyboards and Languages>Change Keyboard lalu tambahkan Keyboard Arabic.

3. Buka Control Panel>Region And Language>Administrative>Change System Locale>Arabic (Saudi)

4. Jalankan Setup atau Installer untuk Maktabah Syamilah 10000 (atau yang lebih tinggi, tergantung versi yang Anda punya). Bila Anda sudah terlanjur menginstall Maktabah Syamilah, maka lewati langkah ini. Insya Allah huruf-huruf menu bahasa arab akan ditampilkan dengan baik setelah langkah 1-3 dilaksanakan.

5. Lakukan upgrade file EXE ke Maktabah Syamilah 3, yaitu dengan cara meng-copy e-shamela 3.22 ke folder Maktabah Syamilah folder dan rubah namanya menjadi shamela.exe sesuai kebutuhan Windows atau sesuai kebutuhan Anda (biasanya saya langsung buat shortcut di Desktop). Langkah ini juga bisa dilewati kalau Anda sudah puas dengan versi sebelumnya.

6. Tentukan alamat folder library (pustaka) dengan cara menjalankan Maktabah Syamilah 3.22.  Langkah ini juga bisa dilewati kalau Anda sudah puas dengan versi sebelumnya.

Selesai dan silahkan Anda menikmati ilmu pengetahuan...

Beberapa perbedaan antara versi 2.xx dan 3.xx

1. Versi 2 mempunyai kemampuan menampilkan menu bahasa Arab dari kanan ke kiri dan juga teks naskah kitab dengan baik namun terbatas pada versi Windows ME hingga XP dan dipastikan mengalami problem tampilan di Windows Vista dan Seven. Adapun versi 3 tidak ada masalah dalam menampilkan teks naskah bahasa Arab baik pada versi Windows Vista maupun Seven.

2. Versi 2 tidak punya fasilitas untuk menambahkan file PDF ke dalam pustaka Maktabah Syamilah sementara versi 3 mempunyai fasilitas tersebut.

Untuk update engine Maktabah Syamilah, silahkan buka www.shamela.ws

No comments:

Post a Comment

Terbaru

recentposts

Sementara Itu

randomposts