Menyesuaikan Footnote Separator Line untuk naskah berbahasa Arab pada Microsoft Word 2010

Bagi yang pernah menulis naskah berbahasa Arab yang mengandung footnote berbahasa Arab pula, pasti pernah mengalami kejengkelan saat menghadapi garis footnote separator yang selalu muncul di sebelah kiri seperti ilustrasi di bawah ini:



Padahal mestinya  footnote separator ini muncul di sebelah kanan karena footnote berbahasa Arab tentu dimulai dari bagian kanan. Dan yang membuat repot adalah, tidak ada cara instan dengan drag and drop atau klik satu dua tombol agar footnote separator ini muncul di sebelah kanan dengan cepat.

Setelah googling sana-sini, ketemulah satu posting dari Uda Maizuddin yang membahas sekilas trik footnote separator ini, silahkan lihat di:

http://maizuddin.wordpress.com/2010/03/24/pengaturan-foot-note-separator-pada-word-arabic/

Hanya saja postingan tersebut berlaku untuk MS Word 2003 ke bawah, sementara saya sudah menggunakan MS Word 2010 seperti ilustrasi di atas yang punya kemiripan dengan "kakaknya" MS Word 2007 dengan Ribbon Menu yang tidak dijumpai pada versi 2003 ke bawah. Oleh karena itu saya telusuri tutorial dari Uda Maizuddin lalu saya "repro" dengan penyesuaian agar memenuhi apa yang ada pada MS Word 2007 maupun 2010.

Berikut ini langkah-langkah merubah footnote separator agar muncul di sebelah kanan di MS Word 2007 atau MS Word 2010.

1. Buka menu View di Ribbon Menu untuk menampilkan ikon Draft View seperti ilustrasi berikut:



2. Aktifkan Draft View agar kita bisa melihat footnote separator field secara terpisah dan bisa diedit, lihat ilustrasi berikut:



3. Klik menu References pada Ribbon Menu, lalu klik ikon Show Notes untuk menampilkan baik footnote atau endnote field di bagian bawah. Kemudian tampilkan footnote separator field dari menu drop down yang muncul sehingga kita bisa mengaturnya secara terpisah, lihat ilustrasi berikut:



4. Setelah muncul footnote separator field, maka kita bisa merubah posisinya agar muncul di sebelah kanan, lihat ilustrasi berikut:



5. Letakkan kursor anda tepat di belakang footnote separator yang masih ada di sebelah kiri, kemudian klik menu Home, lalu klik ikon Paragraf (Right to Left Text Direction), maka footnote separator akan berpindah ke bagian kanan naskah, lihat ilustrasi berikut:



6. Klik kembali menu View pada Ribbon Menu, lalu klik ikon Print Layout View untuk melihat hasil akhir dari perubahan yang sudah dilakukan. Lihat ilustrasi berikut:



Nah, footnote separator sudah berada di sebelah kanan.

Walhasil, masalah ini tidak akan muncul kalau versi MS Word 2007/2010 anda memang asli versi Arab, seperti milik salah seorang kawan S2 saya dari Jogya yang memang warga negara timur tengah yang kebetulan kemarin sempat menunjukkan MS Word 2007 miliknya dengan seluruh menu tertulis dalam bahasa Arab.

Namun, bagi kita yang kelahiran Indonesia, memiliki MS Word 2007/2010 versi Arab justru akan merepotkan karena pasti lebih banyak berkutat dengan huruf latin daripada huruf Arab.

Mudah-mudahan bermanfaat.

12 comments:

  1. assalaamu'alaikum akhi,,
    bagaimana kalau footnote nya berada di tengah2 lembar kerja,,,
    ana pusing gimana cara mindahkannya ke sebelah kiri,,
    padahal awalnya footnotenya emg sebelah kiri akh,,,,
    tapi ga tau kok pas buat tugas kuliah pke footnote lagi qk footnote nya pindah ketengah2 sampe sekarang akh.....
    itu kenapa y akh,,,
    sudah ana tanya sm temen2 tapi tmn2 malah bilang law itu bawaan windows ana,,
    padahal awal buat makalah di laptop ana,, footnotenya normal2 aj akh...
    bukan bawaan windows.....
    ana pake word 2007 akh,,,
    mohon dibantu ya akh.... ^_^
    syukran qoblahu,,
    assalaamu'alaikum

    ReplyDelete
  2. Wa'alaikumussalam Wr. Wb.

    Kemungkinan besar, tanpa sengaja ukhti merubah posisi penanda paragraf di footnote ke tengah lembar kerja, lalu MS Word merekamnya sebagai template default untuk footnote-footnote berikutnya.

    Nah, coba letakkan kursor di teks footnote yang bermasalah, lalu lihat penanda paragrafnya, apakah dalam posisi "center" atau tidak? Kalau dalam posisi "center" atau rata tengah, klik ikon yang menjadikannya "left" atau rata kiri sesuai yang dibutuhkan.

    Lalu, coba tambahkan footnote baru, apakah tetap berada di tengah? Kalau iya, berarti default style footnote di MS Word ukhti memang di tengah. Coba klik kanan di baris footnote yang bermasalah, lalu klik "Style..." lalu klik "Modify..." dan lakukan perubahan justifikasi dari rata tengah (center) ke rata kiri (left) lalu beri centang "Automatically update" lalu klik OK lalu klik "Apply"

    Insya Allah, seluruh footnote akan kembali ke kiri semuanya.

    ReplyDelete
  3. syukran..membantu saya dlm menyiapkan report..jazakumullahu kheir...

    ReplyDelete
  4. trims, saya juga terbantu. jazakalloh

    ReplyDelete
  5. Jazakallah khoiran..
    Sangat bermaanfaat

    ReplyDelete
  6. wallohy ana ahtaj jiddan bihadzal amr, idzan.. zay kaifiyatuha???:(

    ReplyDelete
  7. maa alladzi lam tafhamiihi?

    ReplyDelete
  8. جزاك الله خيرا وزادك الله وإياي علوما نافعة

    ReplyDelete
  9. gmn kl garis fotenotenya terlalu ke atas

    ReplyDelete

Terbaru

recentposts

Sementara Itu

randomposts