Hadits Nomor 14

<span style='font-size:14.0pt; line-height:
30pt; font-family:"Traditional Arabic","serif"; unicode-bidi:embed;'>(14)



<span style='font-size:22.0pt; line-height:
30pt; font-family:"Traditional Arabic","serif"; unicode-bidi:embed;'>وَعَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ - رضي الله عنه - قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ - صلى الله عليه وسلم - ( إِذَا وَقَعَ الذُّبَابُ فِي شَرَابِ أَحَدِكُمْ فَلْيَغْمِسْهُ، ثُمَّ لِيَنْزِعْهُ، فَإِنَّ فِي أَحَدِ جَنَاحَيْهِ دَاءً، وَفِي اَلْآخَرِ شِفَاءً ) أَخْرَجَهُ اَلْبُخَارِيُّ وَأَبُو دَاوُدَ، وَزَادَ: ( وَإِنَّهُ يَتَّقِي بِجَنَاحِهِ الَّذِي فِيهِ الدَّاءُ ).



<span style='font-size:14.0pt; line-height:
30pt; font-family:"Traditional Arabic","serif"; unicode-bidi:embed;'>Dan dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu ia berkata: Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda: “Jika lalat jatuh dalam minuman salah seorang dari kalian, maka hendaklah ia menenggelamkannya kemudian ia membuangnya, karena pada salah satu sayapnya ada penyakit dan pada sayap yang lain ada penawar.”

Disebutkan ia oleh Al-Bukhary dan Abu Dawud dan ia menambahkan: “Dan sesungguhnya lalat itu menjaga dirinya dengan sayapnya yang mengandung penyakit.”<!--br>
==============================

Status Hadits: Shahih

Maksud Hadits:
Kucing tidak termasuk najis.

Hukum:
Sebagai suatu ketentuan.

Istifadah:
Kucing yang makan dan minum dari makanan atau minuman kita tidak menjadikan makanan atau minuman tersebut menjadi najis.-->

2 comments:

  1. assalamu alaikum ust apakah penyakit yang ada disayap lalat itu illat atau tidak,.,. klo illat berarti boleh menawarkannya dengan cara lain,., tidak hanya dengan menenggelamkannya kedalam minuman,.,., syukron ust.

    ReplyDelete
  2. Saya memperlakukannya sebagai khabaran dari Rasulullah SAW.

    Bagi yang ingin melanjutkan minum dari air tersebut, yang paling simpel adalah menenggelamkannya lalu dibuang. Masalah kemudian dicarikan obat penawar untuk lalat, maka saya menyebutnya sebaga takalluf atau memberatkan diri sendiri, karena kalau difikir akal-akalan, dari pada repot pakai penawar untuk penyakit di sayap lalat, lebih praktis dibuang airnya lalu mengambil air lagi untuk diminum meskipun ada unsur mubadzdzir, sebab mengusahakan penawar yang canggih untuk sayap lalat jauh lebih mubadzdzir dibandingkan membuang air apalagi menenggelamkan lalat dalam air tersebut.

    ReplyDelete

Terbaru

recentposts

Sementara Itu

randomposts