Trik mencetak buku tebal menggunakan Samsung ML-1640 (untuk file PDF)

Alhamdulillah, kesampaian juga mencetak buku dari file PDF. Kali ini memang masih satu jilid dulu yaitu sebuah buku berbahasa Arab berjudul الغارة على التراث الإسلامي yang artinya kurang lebih: "Serangan terhadap peninggalan-peninggalan Islam," sebuah buku tentang Tsaqafah Islamiyyah dengan tebal 160 halaman yang saya rasa cukup untuk mencoba kemampuan Adobe Reader dalam mencetak E-Book ini.

Sistem Operasi yang saya gunakan adalah Windows 7 Ultimate dengan CPU Intel Atom dan software pembaca PDF-nya adalah Adobe Reader versi 9.4.1 dengan printer Samsung Laser ML-1640 Black.

Sebelum menggunakan langkah-langkah yang saya berikan, periksa dulu berapa tebal halaman buku yang hendak dicetak, kertas apa yang hendak dipakai dan letak binder atau orientasi teksnya dari kiri ke kanan (tulisan latin) atau dari kanan ke kiri (tulisan arab).

Dalam kasus saya, tebal buku adalah 160 halaman dengan kertas F4 atau US Folio dan orientasi kanan ke kiri (tulisan arab).

Dari informasi ini saya putuskan untuk mencetak tiap 20 halaman menjadi 1 booklet bolak-balik yang berarti akan ada 8 booklet kecil-kecil yang dapat dijilid menjadi satu dari halaman 1 hingga 160 halaman.

Nah berikut langkah-langkahnya:

1. Buka file PDF yang hendak dicetak.

2. Buka menu File>Printer Setup atau tekan Shift+Ctrl+P, lalu atur kertas yang digunakan menjadi F4 atau US Folio, seperti ilustrasi berikut:



3. Buka menu File>Print... atau tekan Ctrl+P, lalu atur batasan halaman yang hendak dicetak adalah 20 halaman, dengan sistem Booklet Printing dan Front Side only untuk pencetakan bagian awal, seperti ilustrasi berikut:



4. Lalu klik OK untuk mencetak bagian pertama atau Front Side.

5. Setelah bagian Front Side tercetak semua, urutkan kembali lembaran-lembaran kertas yang dicetak oleh printer secara terbalik, lembaran yang pertama keluar (yang berada paling bawah) letakkan di urutan paling atas secara berurutan hingga lembaran paling akhir berada di tumpukan terbawah lalu masukkan kembali ke dalam Tray printer tanpa diputar-putar lagi.

6. Buka menu File>Print... atau tekan Ctrl+P, lalu atur batasan halaman yang hendak dicetak adalah 20 halaman (sama seperti langkah sebelumnya), dengan sistem Booklet Printing dan Back Side only untuk pencetakan bagian sebaliknya, seperti ilustrasi berikut:



7. Setelah bagian Back Side tercetak semua, urutkan kembali lembaran-lembaran kertas yang dicetak oleh printer secara terbalik, lembaran yang pertama keluar (yang berada paling bawah) letakkan di urutan paling atas secara berurutan hingga lembaran paling akhir berada di tumpukan terbawah hingga seluruh halaman berurutan dari halaman 1 hingga 20.

8. Ulangi kembali langkah 3-7 hingga seluruh dokumen tercetak dalam booklet-booklet kecil.

9. Urutkan booklet halaman: 1-20, 21-40, 41-60, 61-80, 81-100, 101-120, 121-140, 141-160 atau sesuai dengan banyaknya halaman yang anda cetak, lalu jahit dan jilid booklet-booklet kecil itu menjadi satu kesatuan. Nah kini anda punya buku cetak dari file PDF anda.

Mudah-mudahan bermanfaat.

Tambahan:

Jika Anda ogah mengurutkan ulang halaman yang tercetak pada langkah ke 5, maka pada langkah ke 3 bisa dicentang opsi Reverse pages agar printer mencetak bagian akhir dulu dari Front side.

Atau sebaliknya, Anda tidak perlu melakukan langkah ke 5 namun pada langkah ke 6 gunakan opsi Reverse pages agar printer mencetak bagian akhir dulu dari Back side sehingga Anda juga tidak perlu melakukan langkah ke 7.

No comments:

Post a Comment

Terbaru

recentposts

Sementara Itu

randomposts