Sistem Windows Dengan DeepFreeze

by Fatahillah


DeepFreeze adalah program under Windows yang berfungsi untuk melindungi Harddisk atau Partisi Harddisk agar tidak mengalami perubahan apapun. Ibarat sel organik yang dibekukan atau diletakkan dalam freezer, maka ia akan awet untuk beberapa bulan ke depan atau bahkan puluhan tahun ke depan tanpa mengalami perubahan kimia apapun.

Dengan menggunakan DeepFreeze, komputer anda akan aman dari perubahan yang tidak disengaja seperti salah hapus atau salah scan virus ataupun yang disengaja seperti serangan fihak ketiga yang mencoba merusak sistem komputer anda. Anda cukup menshutdown komputer anda atau mematikan aliran listrik, maka ketika dinyalakan kembali komputer akan kembali seperti semula tanpa ada kerusakan sedikitpun. Itu artinya, program virus terhebatpun tidak akan bisa menginfeksi harddisk atau sistem yang sudah di-DeepFreeze. Meskipun demikian, bukan berarti DeepFreeze tidak ada kelemahan, sebab bisa jadi para perusak berusaha mencari jalan untuk mematikan DeepFreeze ini. Setidaknya komputer anda cukup aman dari kecerobohan pengguna awam.

MENGGUNAKAN DEEPFREEZE

A. Memasang atau mengganti password di DeepFreeze.

  1. Arahkan pointer mouse anda ke ikon bergambar beruang  di sebelah kanan bawah layar anda, lalu tahan shift dan dobel klik pada ikon tersebut untuk menampilkan layar pembuka DeepFreeze.

  2. Untuk DeepFreeze yang belum berpassword anda cukup klik OK bila diminta untuk memasukkan password. Jika DeepFreeze anda sudah berpassword maka ketikkan password anda pada kotak yang disediakan lalu klik OK.

  3. Anda akan menemui Dialog Box berikut ini:



Klik pada Tab Password dan anda akan mendapati Dialog Box berikut ini:


Ketikkan password baru anda pada dua baris yang disediakan lalu klik OK untuk menyimpan perubahan tersebut. Ingat baik-baik password anda agar tidak mengalami kesulitan ketika hendak melakukan modifikasi pada komputer anda.

  1. Lalu klik ikon tanda silang yang ada di pojok kanan atas untuk menutup DeepFreeze anda.

  2. Arahkan pointer mouse anda ke ikon bergambar beruang  di sebelah kanan bawah layar anda, lalu tahan shift dan dobel klik pada ikon tersebut untuk menampilkan layar pembuka DeepFreeze.

  3. Untuk DeepFreeze yang belum berpassword anda cukup klik OK bila diminta untuk memasukkan password. Jika DeepFreeze anda sudah berpassword maka ketikkan password anda pada kotak yang disediakan lalu klik OK.

  4. Anda akan menemui Dialog Box berikut ini:



B. Menginstall program baru atau membuang program yang tidak diperlukan atau memodifikasi sistem komputer anda.

  1. Klik Boot Thawed on next 1 restarts untuk menonaktifkan DeepFreeze sebanyak 1 kali restart dan DeepFreeze akan aktif secara otomatis setelah 1 restart tersebut atau tambahkan nilainya sesuai keinginan anda jika memang dibutuhkan lebih dari 1 kali restart.

  2. Klik Boot Thawed untuk menonaktifkan DeepFreeze tanpa batas waktu atau hingga anda selesai dari proses penambahan atau modifikasi sistem anda. Namun DeepFreeze tidak akan aktif secara otomatis berapa kalipun anda melakukan restart oleh karena itu andalah yang harus mengaktifkannya secara manual dengan mengulangi 3 langkah di atas dan mengklik Boot Frozen untuk mengaktifkan kembali DeepFreeze anda.

  3. Jika anda sudah menonaktifkan DeepFreeze, maka langkah berikutnya adalah merestart komputer anda agar anda bisa melakukan modifikasi, instalasi program atau yang lainnya selama DeepFreeze sedang non aktif yang disebabkan oleh langkah c di atas.


Harap anda hati-hati dalam melakukan modifikasi dalam kondisi ini karena perubahan apapun bersifat permanen karena tidak aktifnya perlindungan DeepFreeze terhadap komputer anda.

  1. Bila anda sudah selesai dari modifikasi, aktifkan kembali DeepFreeze anda dengan mengaktifkan Boot Frozen lalu lakukan restart agar DeepFreeze aktif kembali.


BEBERAPA CATATAN

  1. Hal-hal positif



  • Komputer terlindungi dari perubahan sistem yang mengganggu konsistensi sistem.

  • Komputer terlindungi dari virus atau program backdoors seperti trojan dan worm tanpa anda harus menginstall antivirus khusus.

  • Komputer terlindungi dari pengguna yang ceroboh atau sengaja merusak sistem dengan mencoba menghapus atau memodifikasi file-file penting sistem anda.

  • Komputer dapat digunakan sebagai media percobaan program-program baru sebelum benar-benar dinstall secara permanen.



  1. Hal-hal negatif



  • Anda tidak bisa bebas memodifikasi komputer anda seperti biasa.

  • Anda tidak bisa menyimpan dokumen anda pada harddisk atau partisi harddisk yang dilindungi DeepFreeze. Oleh karena itu disarankan untuk menyimpan dokumen-dokumen anda pada drive D: atau yang lainnya (Flashdisk) yang tidak terproteksi DeepFreeze.


Tambahan:

Tulisan ini memang ditulis 1 atau 2 tahun yang lalu, untuk update software DeepFreeze terbaru, silahkan mengunjungi situs www.faronics.com sebagai situs resmi DeepFreeze.

No comments:

Post a Comment

Terbaru

recentposts

Sementara Itu

randomposts